Mahasiswa KKN UBP Karawang Promosikan UMKM Desa Mekarbuana di Platform Digital

banner 468x60

Karawang, Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebagian wilayah Kabupaten Karawang, dalam kuliah tersebut Kampus mengusung tema Inovasi Digitalisasi UMKM Menuju Masyarakat Mandiri.

Kegiatan KKN tersebut dilaksanakan pada tanggal 1 Juni hingga 31 Juli 2022. Adapun mahasiswa KKN di Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang, telah menyelesaikan beberapa program utama yang terdiri dari mempromosikan UMKM di platform Marketplace (Shooppe).

“Mahasiswa KKN membantu mempromosikan UMKM desa mekarbuana pada marketplace (shoope), adapun prodak UMKM yang di promosikannya yaitu, Kopi sanggabuana dan kripik pisang,” Ujar Teza Adhapriadi (KOORDES) di Desa Mekarbuana, Karawang. 31/6/2022.

“Selain itu, tujuan mempromosikan UMKM ini merupakan sebuah hal yang mesti di lakukan, karna dengan mempromosikan UMKM pada marketplace prodak UMKM desa mekarbuana dapet di kenal oleh masyarakat daerah, nasional, hingga internasional,” sambungnya.

Dalam beberapa kegiatan mahasiswa KKN, menemukan beberapa permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat setempat, salah satunya promosi produk di marketplace media sosial, kurangnya jaringan internet, dan belum memiliki NIB dan PIRT. Hal tersebut diungkapkan oleh direktur BUMDes Desa Mekarbuana yaitu bapak Dedi.

“UMKM yang belum memiliki NIB dan PIRT yaitu prodak keripik pisang milik teh yuli, pada tanggal 20/07/2022 mahasiswa KKN UBP melakukan pengajuan NIB pada aplikasi OSS yang nantinya akan menjadi syarat pembuatan PIRT yang akan diajukan pada dinas koprasi dan UMKM,” Ungkap Syaprizal Hakiki dan Ghazi Tikamori selaku penanggung jawab program kerja pangajuan NIB dan PIRT.

“UMKM perlu memiliki NIB dan PIRT agar penjualan dapat di jual pada toko klontong, super market dan mall, sehingga dapat meningkatkan perekonomian indonesia khususnya pada masyarakat Desa Mekarbuana,” Tambahnya.

Selain itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Mekarbuana Calis mengungkapkan bahwa Mahasiswa KKN dan Pemerintah Desa melakukan reboisasi di kaki gunung sanggabuana, dalam Reboisasi ini Mahasiswa KKN dan Pemerintah Desa menanam pohon merbau dan mahoni dengan harapan alam di Kabupaten Karawang khususnya di Desa Mekarbuana, hal tersebut dilakukan untuk menjaga dan melestarikan alam sekitar.

Dihari terakhir program KKN, Mahasiswa melakukan pembagian handsanitizer dan masker gratis bagi masyarakat Desa Mekarbuana pembagian tersebut di lakukan pada tanggal 29 juli 2022.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply