Lindungi Tenaga Kerja, Pakde Karwo Minta Jokowi Tidak Naikkan Cukai SKT

banner 468x60

BOJONEGORO, DPR resmi mengesahkan RUU APBN 2022 menjadi Undang-Undang APBN 2022. Pengesahan ini dilakukan dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung DPR (30/9).

Pemerintah menaikkan target penerimaan cukai tahun depan 11,9% menjadi Rp 203,9 triliun. Dari kenaikan target tersebut, ada kemungkinan cukai hasil tembakau (CHT) ikut mengalami kenaikan. Tarif CHT sendiri disarankan naik di atas 20% begitu juga dengan harga jual eceran (HJE) rokok.

Read More
banner 300x250

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Soekarwo berharap pemerintah tidak menaikkan tarif cukai Sigaret Kretek Tangan (SKT) pada 2022 demi perlindungan tenaga kerja. Soekarwo mengaku khawatir kenaikan tarif cukai SKT di tengah pandemi Covid-19 akan memukul sektor padat karya, di mana melibatkan ratusan ribu tenaga kerja.

“Kalau cukai SKT dinaikkan, pengangguran akan luar biasa,” ujar Soekarwo pada kunjungan kerja di Koperasi Kareb, Bojonegoro, Kamis (7/10/2021). Kemudian, Pakde Karwo, sapaan akrabnya, sekira 70 persen pekerja di sektor SKT merupakan perempuan sebagai tulang punggung keluarga.

Sementara, para suami mereka umumnya adalah pekerja buruh kasar dan serabutan yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Adapun dari sisi penghasilan, Soekarwo menambahkan, dirinya telah melakukan komunikasi dengan para pekerja SKT terkait besaran upah.

“Upah mereka sudah mengikuti ketentuan upah umum regional yang ditetapkan provinsi. Kebijakan untuk tidak menaikkan tarif cukai SKT akan memberikan konsep keadilan dalam mengelola perekonomian,” pungkas.

Secara terpisah, Ketua Paguyuban Mitra Produksi Sigaret Indonesia (MPSI) Sriyadi Purnomo mengatakan, MPSI telah menyerap sekitar 6.000 pekerja SKT tambahan pada 2021. Penambahan ini tak lepas dari kebijakan pemerintah yang tidak menaikkan tarif cukai SKT pada 2021.

Soekarwo pun menyambut baik hal ini. Ia mengatakan bahwa dirinya akan menjadikan hal ini sebagai pertimbangan kepada Presiden untuk tidak menaikkan tarif cukai SKT pada 2022.
“Karena tugas Wantimpres adalah memberikan pertimbangan kepada Presiden,” katanya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply