Gelar Seminar Pancasila, BPIP Apresiasi ISRI

banner 468x60

Jakarta, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjalin kerjasama dengan Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) pada Seminar Pancasila yang bertemakan “Gali Mutiara Pancasila dan Tumbuh Kembangkan Semangat Gotong Royong Bersama Organisasi Masyarakat di Kawasan Jabotabek” yang di laksanakan di Hotel Acacia, Jakarta (31/08/19)

Dr. Ir. Moh. M.C. Soenhadji, M.Sc. IPU. AER. ACPE. (Ketum DPN ISRI) dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa seminar ini sangat penting agar kita lebih memahami peranan penting Pancasila dalam bernegara dan berbangsa terutama mempraktekan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari, “ISRI berkomitmen akan terus melaksanakan diskursus seperti ini agar jiwa dan pribadi Pancasila tetap ada di Indonesia dalam kemajuan teknologi saat ini” jelasnya.

Read More
banner 300x250

Sedangkan, Dr. Hajono, SH., M.CL ( Ketua Dewan Kehormatan DPN ISRI ) memaparkan bahwa jiwa Pancasila adalah berlomba  lomba berbuat kebaikan dengan sesama manusia tanpa melihat suku, agama, ras, dan golongan tertentu dan menghilangkan rasa kebencian terhadap sesama manusia. Selain itu Harjono juga menjelaskan Pancasila sebagai Dasar Negara kaitannya dengan kehidupan bernegara dan penjabarannya dalam ketatanegaraan Indonesia dan Pancasila sebagai way of life kaitannya dengan kehidupan berbangsa dan kehidupan serta interaksi dalam lingkup masyarakat dari lingkungan terkecil.

Drs. Bambang Yudoyono, MSi., Wakil Ketua Dewan Kepakaran DPN ISRI, di kesempatan yang sama mengatakan, bahwa Pancasila harus mengikuti perkembangan zaman, di mana era sekarang sudah masuk pada teknologi 4.0 bahkan hampir 5.0. Namun tidak boleh menghilangkan makna historis dan filosofis Pancasila.

Dalam seminar tersebut, Irene Camelyn Sinaga, A.P., M.Pd. ( Direktur Pembudayaan Pancasila BPIP) sebagai keynote Speaker mewakili Plt. Kepala BPIP menyampaikan apresiasi adanya seminar tersebut, karena BPIP masih minim SDM dan terbatas anggaran sehingga dirinya berharap acara kerjasama seperti ini harus sering dilaksanakan untuk mensosialisasikan Pancasila, “Saya sangat apresiasi kepada ISRI yang menyelenggarakan acara ini ” ungkapnya. Selain itu, Irene menyampaikan pentingnya gotong royong yang merupakan pribadi bangsa Indonesia. “Gotong royong merupakan kepribadian bangsa Indonesia yang mencerminkan Pancasila harus terus diamalkan dan dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Dalam acara tersebut menghadirkan narasumber Dr. Hajono, SH., M.CL ( Ketua Dewan Kehormatan DPN ISRI ),  Irene Camelyn Sinaga, A.P., M.Pd. ( Direktur Pembudayaan BPIP),  Drs. Bambang Yudoyono, M.si., ( Wakil Ketua Dewan Kepakaran DPN ISRI), Marsda. TNI (Purn) Subandi Parto, SH., MH., MBA., ( Ketua DPW ISRI DKI Jakarta), Ir. Didiek Poernomo (Waketum DPN ISRI), adapun acara tersebut di moderatori oleh Cahyo Gani Saputro (Sekjend DPN ISRI).

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply