Hindari pemakaian empat warna ini agar tidak banyak nyamuk di rumah

banner 468x60

Lebih dari sekadar gangguan, nyamuk merupakan hama yang dapat menyebabkan gigitan yang mengganggu dan, paling buruk, menyebarkan penyakit.  Karena itu, bisa dimengerti jika nyamuk ingin dijauhkan dari rumah, terutama di musim panas ketika tumbuh subur.

Cara membasmi nyamuk lebih dari sekadar menghilangkan genangan air dan menggunakan pengusir nyamuk yang benar.  Para ahli telah memperingatkan, warna tertentu memengaruhi aktivitas nyamuk di rumah. Itu berarti ide pemilihan warna lebih penting daripada sebelumnya di musim hama ini.

Jadi, jika nyamuk adalah masalah di rumah, mungkin ada baiknya memperhatikan warna yang disukainya sehingga dapat menyembunyikannya, sambil menanam beberapa tanaman pengusir nyamuk, untuk lebih mencegah pengunjung yang tidak diinginkan itu.

Nyamuk memiliki mata majemuk, yang berarti penglihatan mereka jauh lebih buruk daripada manusia.  “Seperti kebanyakan serangga, nyamuk melihat dunia dalam bentuk dan warna yang kabur daripada gambar yang tajam dan detail,” jelas entomologis Mosquito Squad, Emma Grace Crumbley, dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (15/7/2022).

Karena itu, ahli mengatakan, nyamuk bergantung pada faktor lain seperti CO2, panas, gerakan, dan aroma untuk menavigasi penerbangan mereka dan menemukan inang dan sumber makanan. Dengan pemikiran itu, keempat warna di bawah ini paling menarik bagi makhluk itu.

 

Hitam

Ide ruang tamu hitam putih mungkin memiliki kualitas estetisnya, tetapi juga memiliki daya tarik tersendiri bagi nyamuk. Sholom Rosenbloom, Pemilik Rosenbloom Pest Control, mengemukakan, ketertarikan itu berasal dari kebutuhan makhluk itu untuk menghindari sinar matahari langsung karena paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan dehidrasi dan kematian awal nyamuk. “Inilah mengapa kita lebih sering melihat mereka saat senja dan fajar;  karena matahari mengancam mereka,” kata dia.

Biru Tua

Dengan cara yang sama seperti hitam menarik nyamuk, warna gelap dan jenuh lainnya memiliki efek yang sama. Di puncak daftar itu adalah biru tua. Emma mengatakan, biru tua dan warna serupa lainnya menarik bagi makhluk yang mendeteksi panas yang diserap dan ditahan oleh warna yang lebih gelap. “Oleh karena itu mereka cenderung untuk menyelidiki inang potensial (sebagai inang, seperti manusia, juga mengeluarkan panas),” kata Emma. Warna-warna itu begitu kuat sehingga para ilmuwan menggunakannya sebagai daya tarik ketika mengamati nyamuk dengan memasang perangkap nyamuk berwarna gelap atau sering disebut “perangkap hitam”.

Merah

Terlepas dari warna kulit, “panjang gelombang” merah terdeteksi oleh nyamuk, yang berarti merah adalah salah satu warna yang paling dicari di antara hama itu   Emma merujuk penelitian terkini yang menunjukkan, paparan bau seperti CO2 “memicu ketertarikan nyamuk” pada warna seperti merah, yang berarti mereka cenderung mengerumuni ruangan merah untuk mencari mangsa. “Para ilmuwan percaya nyamuk menggunakan sensor suhu khusus untuk mendeteksi keberadaan mangsa berdarah panas,” kata Sholom.

Oranye

Sama seperti warna merah yang disukai nyamuk, warna oranye memproyeksikan “panjang gelombang” yang sama dan juga menarik bagi makhluk itu. “Mungkin ini lagi-lagi karena detail yang terbatas pada pandangan serangga, dan deteksi bentuk yang berbeda dari latar belakangnya memberi petunjuk kepada serangga bahwa inang potensial ada di dekatnya,” kata Emma. Namun, penting untuk diingat bahwa atraksi nyamuk menggabungkan antara penglihatan dan aroma.

 

Dengan demikian, beberapa pendekatan harus diambil untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk saat bekerja di dalam dan di luar rumah. Baik dengan membuat semprotan serangga buatan sendiri atau memakai warna terang yang tidak sesuai dengan panjang gelombang inang, sangat penting untuk melindungi diri dari hama ini di musim ini dan ke depannya.

Sementara itu, warna terbaik untuk mengusir nyamuk, menurut para peneliti di University of Washington, adalah putih, hijau, biru dan ungu. Itu bukan karena nyamuk tidak menyukai warna-warna ini, tetapi karena mereka memantulkan panas dan cahaya, yang sebenarnya tidak disukai nyamuk, itulah sebabnya mereka mulai muncul saat senja.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply