Ditjen Bina Adwil Apresiasi Satker Dekonsentrasi Dengan Nilai IKPA Terbaik

banner 468x60

PANGKALPINANG, Bertempat di Ballroom Swiss-Belhotel Pangkalpinang, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri melalui Sekretariat, Bagian Keuangan menyelenggarakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Tahun 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh Bendahara Pengeluaran Satker Dana Dekonsentrasi dan ASN lingkup Kementerian Dalam Negeri yang dilaksanakan dengan cara hybrid, offline dan juga daring.

Read More
banner 300x250

Dr. Safrizal ZA, M.Si selaku Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan dan Pj. Gubernur Bangka Belitung hadir dan memberi sambutan dan arahannya pada kegiatan ini, dimana ia menyampaikan beberapa catatan evaluasi yang harus dilakukan perbaikan, walaupun berdasarkan hasil penilaian IKPA 2023, Ditjen Adwil meraih skor akhir 94,36.

“Saya berharap kedepan kita bisa konsisten untuk menjaga kualitas IKPA baik dari sisi kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran dan kualitas hasil pelaksanaan anggaran. Lakukan perencanaan yang baik, karena sebagus-bagusnya perencanaan adalah perencanaan yang dilaksanakan. Maka eksekusi adalah kata kunci. Laporkan kepada Gubernur masing-masing setelah kembali dari acara ini agar segera diambil keputusan yang tepat,” sambung Safrizal.

Kemudian pada sambutan yang disampaikan, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan juga mengucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua Bendahara dan Staf Pengelola Keuangan, khususnya pengelola anggaran di pusat. Dengan profesionalisme dan kerja tim dengan KPA, PPK, dan PPSPM, mereka telah terbukti mampu merealisasikan anggaran dengan daya serap lebih dari 99%, dengan lancar dan tertib membantu proses ribuan transaksi pemotongan dan pemungutan pajak, serta menjamin ketersediaan dana saat kegiatan berlangsung.

Dalam kegiatan ini, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan kembali memberikan apresiasi kepada Satker Dekonsentrasi yang menerima nilai IKPA terbaik untuk periode Semester II TA. 2023. Didampingi Plh. Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Dr. Drs. Amran, MT, dan Plh. Sesditjen Bina Administrasi Kewilayahan, Mey Rany Wahida Utami S.STP, MM, ia menyerahkan Piagam Penghargaan kepada 10 satker dengan nilai IKPA terbaik sekaligus menyerahkan secara simbolis Buku Tata Cara Penyusunan Dokumen Pengelolaan Keuangan Edisi 3.

Daftar 10 Satker Dekonsentrasi dengan nilai IKPA terbaik periode Semester II TA. 2023:
1. Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara;
2. DPMPTSP Provinsi Sulawesi Tenggara;
3. DPMPTSP Provinsi Sulawesi Tengah;
4. Inspektorat Provinsi Sulawesi Utara;
5. Inspektorat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung;
6. Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung;
7. Sekretariat Daerah Provinsi Bali;
8. Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara;
9. Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat; dan
10. Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo.

Menutup sambutannya, Safrizal menekankan profesionalisme menjalankan fungsi, dan kewajiban bendahara selaku wakil dari bendahara umum negara untuk mewujudan tata kelola APBN yang efektif, efisien, dan kredibel.

“Dalam rangka perwujudan tata kelola APBN yang efektif, efisien, dan kredibel, kita harus adaptive dengan perkembangan teknologi, dan peradaban. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, perbendaharaan harus menyesuaikan diri sedemikian rupa, sehingga pelaksanaan tugas, dan fungsinya akan kompatible dengan kebutuhan, serta lebih meringankan beban kerja,” katanya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply