Buka Rakor Penyusunan Capaian 5 Tahun Pemerintahan, Moeldoko: Tampilkan Bukti Nyata Kinerja Jokowi-JK!

banner 468x60

JAKARTA, Penyusunan laporan lima tahun capaian pemerintahan Presiden Jokowi – Wapres Jusuf Kalla sebaiknya tidak sekedar menampilkan angka, tetapi juga mengangkat dan menceritakan outcome dari apa yang telah dibangun pemerintah seperti infrastruktur dalam konteks konektivitas, infrastruktur sosial, perbaikan dan infrastruktur pertanian.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat membuka rapat koordinasi penyusunan laporan 5 tahun pemerintahan Jokowi-JK di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta Pusat pada Senin, 19 Agustus 2019.

Read More
banner 300x250

Turut hadir pada acara ini, Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Eko Sulistyo, Staf Khusus Presiden bidang komunikasi Adita Irawati, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Y.B Satya Sananugraha, Sekretaris Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono dan jajaran kementrian dan kelembagaan.

Dalam pembukaan rapat, Moeldoko mengapresiasi kinerja kementrian dan kelembagaan yang sudah berkolaborasi cukup baik dalam menyusun laporan tahunan, yang juga mendapat apresiasi dari Presiden Jokowi.

Mantan Wakil Gubernur Lemhanas ini meminta agar para kementerian dan kelembagaan tidak cepat puas karena masyarakat sejatinya ingin mengetahui apa saja yang telah dilakukan oleh pemerintah, sambil mengenang masa-masa saat belum menduduki jajaran pemerintahan.

“Masyarakat kita itu betul-betul ingin mengetahui, apa sih, yang pemerintah lakukan? Seperti saat saya masih jadi Panglima TNI pun, saya ingin tahu, apa saja sih yang sedang dilakukan pemerintah?” kenangnya.

Panglima TNI 2013-2015 ini menekankan lagi, bahwa kerja keras kementerian dan kelembagaan akan lebih bagus lagi jika sampai ke masyarakat. Menurutnya, semua yang dilakukan pemerintah harus diberitakan. Mengingat pula ini akan menjadi laporan terakhir dari apa yang telah dilakukan pemerintahan Jokowi-JK, diharapkan agregat dari tahun pertama hingga saat ini betul-betul tercermin di dalam laporan.

“Terngiang dipikiran saya, senior saya pernah berkata bahwa Tuhan Maha Tahu, tapi masayarakat perlu diberi tahu. Jadi, kalau kita tidak kasih tahu ke masyarakat apa yang sudah kita lakukan, kita yang rugi.” Jelasnya.

Menutup pembukaan rapat, Moeldoko juga berharap, laporan kali ini bisa memberikan gambaran besar tentang Nawacita. Sehingga, laporan tersebut bisa menjadi sebuah gambaran utuh, bahwa nawacita tidak sekedar slogan tapi juga bukti nyata dari pemerintahan Jokowi-JK.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply