Begini cara jualan online ala Shopee

Foto: shutterstock
banner 468x60

Jualan online sekarang ini menjadi salah satu usaha yang banyak dilakukan masyarakat. Tidak bisa dipungkiri, jualan online memang bisa dibilang usaha yang paling mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak kualifikasi yang rumit. Bahkan, ibu rumah tangga dan anak-anak usia sekolah sudah bisa melakukannya.

Pilihan barang dan jasa yang bisa dijual juga sangat beragam. Mulai dari barang keperluan rumah tangga, makanan, buku sekolah, sampai dengan jasa desain grafis atau joki game online. Cara jualan online yang bisa dilakukan juga banyak, bisa lewat marketplace seperti Shopee atau membuat akun sendiri di media sosial.

Read More
banner 300x250

Membuat akun sendiri di media sosial perlu banyak sekali effort atau usaha yang perlu dilakukan. Misalnya rutin mengunggah konten, membeli followers, dan membuat copywriting yang bagus untuk menarik calon pembeli. Maka dari itu jualan online di marketplace seperti Shopee cukup direkomendasikan.

Bahkan yang tidak memiliki banyak modal pun, bisa melakukan usaha jualan online seperti dropship atau reseller. Awalnya hanya menawarkan barang milik orang lain, jika berkembang bisa membuka toko offline milik sendiri. Dengan usaha yang gigih, tidak ada yang tidak mungkin.

Ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan dari menerapkan cara jualan online di Shopee. Di sisi lain, kamu juga bisa mengoptimalkan toko dan mendapatkan informasi tentang jualan di Shopee melalui Shopee Edu.

Penjual bisa mempromosikan produk dengan lebih murah, fitur yang lengkap untuk pebisnis UKM, bisa upload gambar sebanyak mungkin, transaksi aman, dan ada berbagai fitur yang memudahkan. Misalnya saja fitur Live Chat yang memungkinkan calon pembeli bertanya langsung dan mendapatkan jawaban yang lebih cepat.

Bagi yang tertarik untuk mulai berjualan di Shopee, tentunya harus punya akun terlebih dahulu karena aplikasi saja tidak cukup. Cara membuat akun Shopee bisa lewat website atau aplikasi. Namun menggunakan aplikasi lebih disarankan karena praktis. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mulai berjualan di Shopee.

 

  • Buka aplikasi Shopee, pilih “Saya” dan klik “Daftar”
  • Bisa daftar dengan nomor telepon, akun Facebook, Google, atau Apple

 

  • Jika menggunakan nomor handphone, lakukan verifikasi dan buatlah password yang aman (Verifikasi bisa SMS atau via suara)
  • Jika akun sudah siap, buatlah username yang sesuai dengan toko online yang diinginkan
  • Selanjutnya klik menu “Saya” lalu “Mulai Jual”, kemudian klik “Mulai Pendaftaran”
  • Tahap selanjutnya adalah klik “Lengkapi Informasi Toko Anda”, bisa diisi informasi tentang email, nomor telepon, nama toko, dan lainnya
  • Proses selanjutnya adalah “Atur Jasa Kirim”, pilih apa saja yang diinginkan lalu “Kirim”
  • Tunggu sampai pengajuan berhasil

 

Nantinya, jangan lupa untuk untuk mengatur informasi tentang toko lebih detil lagi. Misalnya tambah produk, alamat toko, mengatur pengiriman, mengisi rekening bank untuk pencairan dana penjualan, dan rutin mengunggah produk.

Jika sudah memiliki toko di Shopee, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah upaya untuk mendapatkan konsumen pertama. Karena jika toko masih baru dan tidak dilakukan promosi, bisa-bisa usaha tidak berkembang dan stagnan. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan orderan pertama.

Tips yang pertama, berikan harga yang kompetitif sehingga bisa bersaing dengan toko lainnya dengan lebih sehat. Misalnya jika memutuskan untuk jual produk kecantikan, jangan sampai harganya lebih tinggi dari kebanyakan. Jika memungkinkan harganya lebih murah tapi jangan terlalu murah. Jika terlalu murah, dikhawatirkan produk yang dijual akan dicurigai kualitasnya.

Tips selanjutnya adalah manfaatkan fitur Naikkan Produk di Shopee. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, produk bisa dengan lebih mudah dilihat oleh calon pembeli. Biasanya penjual bisa mengaktifkan sampai lima produk setiap empat jam sekali. Nah, semakin sering produk Anda dilihat oleh calon konsumen, semakin besar pula kemungkinan masuk ke pencarian teratas.

Misalnya Anda akan menjual hijab voal, coba masukkan beragam pilihan warna, motif, dan juga ukuran. Secara mudahnya, semakin banyak produk yang ditawarkan, kesempatan terjualnya juga tambah tinggi.

Tips lainnya adalah dengan rajin membagikan produk yang dijual di media sosial. Jika memiliki banyak waktu, bagikan di semua media sosial yang dimiliki baik itu Facebook, TikTok, Instagram, atau juga Youtube. Akan lebih mudah lagi jika Anda memiliki salah satu media sosial dengan banyak followers sehingga bisa memberikan peluang yang lebih besar.

Satu lagi tips yang bisa dilakukan adalah dengan mendaftar program Gratis Ongkir dari Shopee. Anda bisa mendaftarkan toko dengan program tersebut lewat aplikasi atau situs Shopee. Biasanya, hanya perlu waktu maksimal dua hari kerja. Jangan salah, meski terkesan remeh, tapi ini jadi strategi yang menguntungkan.

Tidak hanya menguntungkan bagi penjual, Shopee juga memberikan berbagai kemudahan untuk pembeli. Anda bisa mendapatkan barang dengan lebih mudah, murah, aman, dan juga cepat. Satu lagi, yakni banyak sekali diskon seperti flash sale, gratis ongkir, potongan harga, cashback, dan berbagai promo menarik lainnya yang bisa dinikmati.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply