8 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mata

banner 468x60

Masalah paling serius yang menjadi perhatian global adalah obesitas dan diabetes

JAKARTA, Kesehatan mata tidak hanya dijaga dengan merawat mata tetapi juga dengan menjaga kesehatan secara keseluruhan dengan memperbaiki gaya hidup. Era pascapandemi telah menyaksikan lonjakan kekeringan mata secara tiba-tiba karena kelelahan mata digital selama berjam-jam yang memakan kesehatan mata secara keseluruhan.

Read More
banner 300x250

Dilansir dari Hindustantimes, pada Kamis (20/10/2022), masalah paling serius yang menjadi perhatian global adalah obesitas dan diabetes, yang terkait dengan gaya hidup yang kurang gerak, kurang olah raga dan makan junk food yang pada gilirannya memiliki implikasi serius pada kesehatan mata.

Berikut delapan cara untuk meningkatkan kesehatan mata yaitu :

  1. Makan Sehat

Perbanyak sayur dan buah untuk vitamin E, A dan D. Ikan seperti salmon dan tuna merupakan sumber yang kaya akan asam lemak Omega 3. Sertakan kacang-kacangan dan biji-bijian (terutama biji rami) yang mengisi kembali asam lemak omega 3 dan menyediakan antioksidan untuk mata. Lalu, telur dan makanan jeruk harus dimasukkan. Gunakan campuran sayuran, minyak yang diperkaya dengan vitamin A dan D. Yang terpenting, minum banyak air yaitu sekitar 6 sampai 8 gelas air per hari.

  1. Yoga dan Olahraga

Aktiflah tidak hanya untuk menurunkan berat badan tetapi juga untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru dan mengatur gula darah normal. Dianjurkan untuk melakukan latihan mata untuk menjaga otot mata tetap kuat.

  1. Berhenti Merokok dan Alkohol

Merokok dan alkohol tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan juga mata. Mereka meningkatkan risiko katarak dan dapat menyebabkan retinopati, degenerasi makula dan neuropati optik.

  1. Kurangi Waktu Layar

Kurangi waktu layar sebanyak mungkin. Beristirahatlah setiap 20 menit selama 20 detik dan lihatlah jauh dari jarak 20 kaki. Gunakan kacamata pelindung bluecut.

  1. Perbaiki Kebiasaan

Tidur nyenyak minimal 7 sampai 8 jam. Keluar dan berjalanlah selama 30 menit setiap hari.

  1. Kebiasaan Merawat Mata

Hindari menyentuh dan menggosok mata dengan tangan yang kotor. Kenakan kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari sinar UV yang berbahaya. Kenakan kacamata pelindung dalam olah raga, selama pekerjaan konstruksi dan perbaikan. Selalu ganti kosmetik mata setiap 6 sampai 8 bulan sekali.

  1. Penyakit yang Sudah Ada Sebelumnya

Periksa dan pantau gula darah, BP dan kadar tiroid Anda secara teratur.

  1. Pemeriksaan Mata Secara Teratur

Pilih pemeriksaan yang sering jika ada penyakit sistemik yang sudah ada sebelumnya. Setahun sekali pemeriksaan mata rutin diperlukan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa untuk menjaga kesehatan mata normal dan mendeteksi penyakit pada tahap awal mereka.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply