TP-PKK Pusat dan Kemendagri Peduli Bantuan Untuk Pengungsi Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki dan Bencana Puting Beliung

banner 468x60

FLORES TIMUR, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (KEMENDAGRI), Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat melalui Bidang IV TP-PKK Pusat menyalurkan sejumlah bantuan bagi pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki dan korban bencana puting beliung Desa Ilepadung Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Data pengungsi menurut BPBD per tanggal 23 Januari 2024 sebanyak 6.302 jiwa yang tersebar di beberapa kecamatan yaitu:
a. Kecamatan Wulanggitang;
b. Kecamatan Titehena;
c. Kacamatan Demonpagong;
d. Kecamatan Ile Bura;
e. Kecamatan Larantuka;
f. Kecamatan Ile Mandiri;
g. Kecamatan Solor Barat; dan
i. Kabupaten Sikka

Read More
banner 300x250

Adapun jumlah bantuan yang dibawa ke lokasi pengungsian meliputi 4.000 masker, 1.000 paket peralatan mandi (pasta gigi, sikat gigi, sabun, sampo, sisir), 1.000 paket peralatan makan (gelas plastik, piring plastik, sendok), 1.500 baju kaos gebrak masker, 50 kasur busa, 100 selimut ukuran 120 x 180 cm, 100 ember, 100 gayung, dan 200 trash bag.

Aksi peduli ini dilaksanakan pada hari Rabu (24/1/2024) sampai dengan Kamis (25/1/2024). Lokasi pertama yang menjadi fokus penyaluran bantuan berlokasi di Posko Pengungsian Boru yaitu SD Kristen Kemiri. Penyerahan bantuan ini didukung juga oleh Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana Kebakaran, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, dan Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri.

Perwakilan TP PKK Pusat turut hadir menyerahkan bantuan secara langsung kepada para pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, dan disaksikan oleh PJ. Ketua TP-PKK Provinsi Nusa Tenggara Timur, PJ.Ketua TP PKK Florest Timur, PJ. Bupati Flores Timur, dan unsur Pemda.

Lokasi penyaluran bantuan selanjutnya berlokasi di SMP Wulanggitang, dengan rincian bantuan yang disalurkan meliputi: susu, masker, kaos, paket perlengkapan mandi, paket perlengkapan makan, selimut, kasur busa, ember, serta gayung. Penyerahan bantuan tersebut berjalan dengan lancar walaupun dibawah cuaca ekstrim berupa hujan dan angin kencang di lokasi pengungsian.

Aksi peduli dilanjutkan keesokan hari (25/1/2024), berlokasi di Posko Pengungsian Konga. Lokasi ke-1 bertempat di Posko Baru dan lokasi ke-2 bertempat di Desa Bokang, terdapat 77 orang anak usia 2 s.d. 5 tahun dan 11 orang ibu hamil pada lokasi ini.

Kehadiran Perwakilan TP PKK Pusat di Florest Timur merupakan tugas dan amanah langsung dari Ketua Umum TP PKK Ibu Tri Tito Karnavian dan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian kepada saudara- saudara kita di pengungsian. Pasalnya, masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki dan puting beliung di Desa Ilepadung membutuhkan bantuan untuk menunjang kegiatan sehari-hari pasca bencana.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply