Rumor Apple Akan Rilis iPhone SE 4, Sebelumnya Sempat Dibatalkan

ilustrasi, Foto: apple

JAKARTA, Beberapa waktu yang lalu Apple sempat dilaporkan membatalkan peluncuran ponsel murahnya, iPhone SE 4. Namun rumor terbaru menyebutkan Apple telah memulai kembali proyek pengembangan iPhone SE generasi keempat.

Kabar ini datang dari analis ternama Ming-Chi Kuo dalam cuitannya di Twitter. Kuo mengatakan iPhone SE 4 akan mirip seperti iPhone 14 dengan modifikasi minor.

Read More

Kuo mengungkap iPhone SE 4 akan menggunakan panel OLED, bukan lagi LCD seperti iPhone SE sebelumnya. Ukuran layarnya pun akan lebih besar yaitu 6,1 inch dengan bezel yang tipis, jadi sama seperti iPhone 14 versi standar.

Sebagai perbandingan, iPhone SE 3 yang meluncur tahun 2022 memiliki layar LCD berukuran 4,7 inch dengan bezel yang tebal. iPhone SE 3 juga memiliki tombol fisik untuk Touch ID di bagian bawah.

Belum diketahui apakah iPhone SE 4 juga akan dilengkapi fitur premium yang ada di iPhone 14, seperti Emergency SOS via Satellite, Face ID, dan dua kamera belakang dengan mode malam.

iPhone SE generasi baru akan dilengkapi dengan modem 5G yang dirancang sendiri oleh Apple. Kuo mengatakan iPhone SE 4 akan menggunakan chip 5G baseband yang diproduksi menggunakan pemrosesan 4nm. Tapi modem 5G ini hanya akan mendukung koneksi 5G sub-6, bukan mmWave yang lebih kencang.

iPhone SE 3 sudah mendukung jaringan 5G, tapi masih menggunakan chip Snapdragon X57 dari Qualcomm. Kuo mengatakan setelah Apple menggunakan chip 5G-nya sendiri di iPhone SE, maka pesanan Apple ke Qualcomm akan menurun secara signifikan.

Meski begitu, Kuo memprediksi Apple akan membutuhkan satu atau dua tahun sampai bisa menggunakan modem 5G buatannya di ponsel flagship. Setelah itu, modem buatan Apple akan digunakan di perangkat lainnya seperti Apple Watch dan iPad, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (1/3/2023).

Kuo mengatakan belum diketahui apakah iPhone 16 akan menggunakan modem 5G buatan Apple. Ia menambahkan Apple masih harus mengatasi kendala teknis terkait mmWave dan komunikasi satelit.

Laporan terbaru Kuo ini berbanding terbalik dengan laporannya pada Januari 2023. Saat itu Kuo mengatakan Apple membatalkan peluncuran iPhone SE 4 dan Apple masih akan menggunakan modem Qualcomm untuk iPhone 15 dan iPhone 16.

Kuo tidak mengungkap kapan iPhone SE 4 akan diluncurkan. Ia hanya mengatakan produksi iPhone SE 4 akan dimulai pada awal 2024, jadi mungkin iPhone murah ini akan diluncurkan di tahun yang sama.

Related posts

Leave a Reply