Resmi, Mahfud Md Sudah Siapkan Surat Pengunduran Diri Dari Menko Polhukam

Menkopolhukam Mahfud MD di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/1/2023). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)
banner 468x60

JAKARTA, Mahfud Md resmi mengumumkan sudah menyiapkan surat pengunduran diri dari jabatan Menko Polhukam. Surat ini disiapkan Mahfud di tengah berlangsungnya proses Pilpres 2024.

Mahfud menyampaikan pengumuman itu lewat akun media sosialnya. Mahfud saat ini sedang berada di Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Read More
banner 300x250

“Saya sudah membawa surat untuk presiden, untuk disampaikan ke presiden langsung tentang masa depan politik saya yang belakangan ini menjadi perbincangan publik,” ujar Mahfud.

Mahfud lalu berbicara mengenai etika dan tidak akan menyampaikan apa-apa sebelum bertemu Jokowi. Dia ingin pamit dengan baik.

“Saya dulu diangkat dengan hormat, menerima pengangkatan dengan hormat. Saya akan pamit dengan penuh kehormatan juga kepada beliau dan saya akan melaporkan saya sudah selesai,” ujar Mahfud.

Mahfud sebelumnya sudah bertemu Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, pada Senin (29/1) malam. Cawapres nomor 3 itu memohon waktu untuk menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pak Menko mohon menghadap Bapak Presiden,” kata Pratikno kepada wartawan, Selasa (30/1).

Saat kunjungan ke Cirebon, Mahfud menceritakan pertemuannya dengan Pratikno. Mahfud bicara mengenai mengenai pengangkatan dirinya sebagai Menko Polhukam yang penuh kehormatan.

“Saya menemui Pak Pratikno buat minta waktu bertemu sama Pak Jokowi. Saya sudah diangkat dengan penuh kehormatan, jadi saya harus memberitahu tentang langkah-langkah politik saya,” ucapnya dilansir detikJabar.

Mahfud menyadari, saat ini sudah ditetapkan sebagai cawapres yang berpasangan dengan Ganjar Pranowo dalam kontestasi pilpres 2024. Selain itu, dia juga menjelaskan, secara ketatanegaraan jabatan menteri merupakan hak preogatif presiden. Dia menyebut dirinya harus datang dulu menghadap dan tidak meninggalkan begitu saja.

“Jadi saya harus datang penuh kehormatan, kalau Bahasa Jawanya tidak tinggal gelanggang colong playu yang artinya tinggal begitu saja tidak harus menghadap dulu tanpa penghormatan,” paparnya.(det)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply