Perbedaan Gaung dan Gema

Ilustrasi
banner 468x60

Apakah kamu tahu perbedaan gaung dan gema? Yap, kamu harus tahu perbedaannya dan jangan menyamakan definisi antara gaung dan gema. Walaupun gaung dan gema merupakan salah dua dari jenis pantulan suara, tetapi sebenarnya ada perbedaan yang cukup mendasar. Perbedaan gaung dan gema dapat ditilik dari segi faktor yang menjadi poin diferensiasi antara dua jenis pantulan suara atau bunyi ini. Pantulan suara ini dihasilkan karena adanya gelombang yang berbenturan dengan bidang pantul.

 Pengertian Gaung dan Gema

Read More
banner 300x250

Secara definitif, gaung adalah suara pantul yang datang sebelum suara asli yang telah dibuat. Hal ini terjadi, karena adanya hambatan pada gelombang yang memiliki jarak dekat dengan sumber suara. Sederhananya, gaung terdengar di saat sebelum sumber suara selesai berbunyi. Karena terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli, gaung membuat bunyi asli menjadi tidak jelas.

Gaung dapat terjadi pada ruangan yang tertutup, seperti misalnya gedung bioskop, gedung pertemuan, dan studio televisi. Peristiwa pantulan suara ini boleh dibilang mengganggu. Coba bayangkan kalau kamu lagi menonton di bioskop suara asli dari film terdengar tidak jelas.

Jadi biasanya untuk menghindari atau meredam gaung, dinding ruangan tersebut diberi bahan lapis dari karpet, kain wol, kapas, karton, papan karton, gabus, dan karet busa. Sedangkan sebaliknya, di mana gema adalah suara pantul yang datang setelah suara asli telah dibuat. Berbeda dari gaung, di sini gema terjadi karena suara diproduksi dari jarak jauh dengan sumber suara.

Dalam arti lain, gema terdengar di saat sumber suara setelah selesai berbunyi. Gema juga dapat terjadi karena adanya pembatas antara gelombang yang jauh dari sumber suara.

Hal ini yang menjadi faktor fundamental pembeda antara gaung dan gema.

Perbedaan Gaung dan Gema

Ada beberapa perbedaan gaung dan gema yang kamu harus ketahui, seperti:

  1. Jarak Sumber Suara

Pertama, gaung dan gema memiliki perbedaan dari segi sumber suara. Di mana gaung dihasilkan karena sumber suara yang memiliki jarak dekat dengan penghambat gelombang. Sedangkan gema dihasilkan oleh sumber suara yang memiliki jarak jauh dari penghambat gelombang.

  1. Hasil Pantulan Suara

Kedua, gaung terdengar di saat sebelum sumber suara selesai berbunyi pada pantulan suara karena berada di tempat yang sempit. Di mana pantulan suara yang dibunyikan tidak terdengar begitu gamblang atau keras karena bertabrakan dengan suara.

Sedangkan gema akan terdengar setelah sumber suara selesai berbunyi pada pantulan suara. Gema menghasilkan suara yang lebih gamblang atau keras terdengar dari pada gaung yang cenderung kurang keras.

  1. Kecepatan Pantulan Suara

Ketiga, pada aspek kecepatan pantulan suara terdapat perbedaan antara gaung dan gema. Di mana gaung memperlihatkan kecepatan pantulan suara yang lebih tinggi daripada gema yang cenderung lebih lambat. Hal ini disebabkan oleh tempat dari sumber suara yang menghambat suara yang letaknya berbeda.

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply