Panwascam Elemen Penting Demokrasi, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Gelar Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu

Dari Kiri ke Kanan: Komisioner Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Mahyudin, Komisioner Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Siti Rachma, Kaban Kesbangpol, Taufan Bakri, Komisioner Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Irwan Supriadi Rambe, Komisioner Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Reki Putera Jaya, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi DKI, Dini Yamashita
banner 468x60

Panwascam atau Panwaslu Kecamatan merupakan salah satu instrumen panitia yang dibentuk oleh badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ditingkat kabupaten/kota

JAKARTA, Panwascam merupakan salah satu elemen penting dalam proses pelaksanaan pemilu di Indonesia. Panwascam merupakan suatu singkatan dari Pengawas pemilu kecamatan atau sering disebut dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan.

Read More
banner 300x250

Panwascam atau Panwaslu Kecamatan merupakan salah satu instrumen panitia yang dibentuk oleh badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ditingkat kabupaten/kota untuk mengawasi penyelengaraan pemilu ditingkat Kecamatan.

Untuk itu, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Acara Fasilitasi Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu, Koordinasi dan Konsolidasi Persiapan Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu Kecamatan di Orchardz Hotel Industri (25/10).

Taufan Bakri sebagai Kepala Badan Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta membuka acara Fasilitasi Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu dengan Tema: Koordinasi dan Konsolidasi Persiapan Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu Kecamatan oleh Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Taufan, dalam sambutannya, mengatakan selama beberapa lama Provinsi DKI Jakarta memiliki indeks demokrasi dan partisipasi masyarakat pemilunya paling bagus di seluruh Indonesia. “Jakarta sebagai barometer demokrasi di Indonesia. Jika Jakarta berhasil menyelenggarakan Pemilu dengan baik, maka daerah yang lainnya akan dapat dikatakan berjalan dengan baik,” katanya.

Anggota Komisioner Provinsi DKI Jakarta, Reki Putera Jaya mengingatkan bahwa verifikasi faktual Parpol akan segera dilakukan, “Kita harus mulai bersiap diri untuk terjun langsung ke lapangan untuk mengawasi verifikasi faktual,” katanya.

Sedangkan Anggota Komisioner Provinsi DKI Jakarta, Siti Rahma mengatakan bahwa Panwaslu Kecamatan harus bekerjasama dengan baik. “Kinerja kita tergantung kepada soliditas dan profesionalitas kita bersama,” ujarnya.

Anggota Komisioner Provinsi DKI Jakarta, Mahyudin berujar bahwa Panwascam harus mempersiapkan diri dengan baik dalam Bimtek yang akan diselenggarakan. “Panwascam wajib mengetahui tugas dan kewenangannya di lapangan,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Anggota Komisioner Provinsi DKI Jakarta, Irwan Supriadi Rambe mengatakan mengapresiasi kerja teman-teman yang mengawal seleksi dan perekrutan Panwascam di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Kemudian Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDM-O) juga mengingatkan bahwa banyak tantangan yang akan dihadapi ke depan bagi Panwascam terpilih, “Tantangan kita ke depan adalah merespon isu dengan baik dan profesional dalam melakukan tupoksi di lapangan,” ungkapnya.

Dirinya juga menyapa Taufan Bakri untuk meminta kerjasamanya, karena Panwascam memiliki peran strategis dalam pengawasan tahapan Pemilu. “Dengan memiliki tanggung jawab yang besar dan strategis, maka Panwascam akan membutuhkan kerja sama dari seluruh stakeholder terkait,” ungkapnya.

Acara yang diselenggarakan pada hari ini mengundang dua narasumber utama, yakni, Taufan Bakri (Kepala Badan Kesbangpol) dan Rafi Pemenang Imawan (Manager Program Populi Center).

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply