Lebih baik olahraga pagi atau sore?

Ilustrasi Olahraga
banner 468x60

Lebih efektif olahraga pagi atau sore? Jawabannya ternyata bervariasi, tergantung untuk cowok atau cewek, karena efeknya berbeda pada keduanya.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkap ada perbedaan waktu terbaik untuk olahraga berdasarkan jenis kelamin. Pada pria, sore hari memberikan efek paling optimal untuk membakar lemak, sedangkan pada perempuan pagi hari lebih dianjurkan.

Temuan ini dinilai cukup menarik, karena selama ini berbagai penelitian sejenis lebih didasarkan pada riset di kalangan pria. Sementara itu, perbedaan hormonal dan jam biologis membuat efeknya bisa berbeda pada wanita.

Penelitian ini dilakukan pada 30 pria dan 26 wanita, seluruhnya sehat dan aktif secara fisik. Selama 12 pekan, para partisipan menjalani program kebugaran dan diamati perkembangannya.

Salah satu kelompok berolahraga selama satu jam pada pukul 08.30 pagi sedangkan kelompok lain menjalankan program yang sama pada sore hari pukul 18.00 dan 20.00. Agar bisa dibandingkan, para partisipan juga menjalani diet yang sama.

Para peneliti mengamati tekanan darah, komposisi lemak tubuh, dan juga performa fisik seperti kelenturan maupun kekuatan. Pengukuran dilakukan di awal dan akhir penelitian. Hasilnya, seluruh partisipan mengalami peningkatan performa fisik dan kesehatan. Artinya, olahraga pada pukul berapapun sama-sama memberikan efek yang baik dan bermanfaat.

“Waktu terbaik untuk olahraga adalah waktu terbaik ketika kamu bisa melakukannya dan sesuai dengan jadwal Anda,” kata Dr Paul Arcerio dari Skidmore College di New York, yang melakukan penelitian itu, dikutip dari BBC.

Meski demikian, ada temuan yang menunjukkan waktu paling optimal pada kelompok pria maupun wanita. Berdasarkan riset ini, wanita yang ingin menurunkan lemak di area perut dan menurunkan tekanan darah lebih disarankan untuk olahraga paga pagi hari. Hal ini penting karena lemak perut bisa membungkus organ vital misalnya hati.

Namun jika mengharapkan hasil berupa peningkatan kekuatan otot pada tubuh bagian atas, maka lebih disarankan untuk olahraga sore hari.

Pada pria, sensitivitas terhadap waktu cenderung lebih rendah. Artinya, olahraga pada pagi maupun sore hari relatif sama saja. Tetapi untuk meningkatkan kesehatan metabolisme dan jantung pada pria, olahraga sore hari lebih disarankan. Kesehatan metabolisme penting untuk mencegah diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke.

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply