Ini Daftar Relawan ‘Veteran’ Jokowi Tak Ikut Acara di GBK

banner 468x60

Pengundang waktu itu belum bisa menjelaskan itu. Nah ya buat kami, yang terlibat dalam satu peristiwa dalam kegiatan bersama-sama harus sepemahaman

JAKARTA, Sejumlah relawan yang sejak lama mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata tak terlibat dan tak ikut acara Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK) pekan lalu. Setidaknya, ada tiga organisasi relawan Jokowi yang tak hadir di acara tersebut.

Read More
banner 300x250

“Yang saya tahu, yang tidak terlibat itu RBSJ (Relawan Buruh Sahaja Jokowi) Andi Gani, Pospera, Projo. Yang saya tahu tiga itu,” kata Bendahara Umum (Bendum) Pro Jokowi (Projo) Panel Barus kepada wartawan, Selasa (29/11/2022).

“Ya saya nggak tahu definisi lama atau tidak, pokok yang nggak ikutlah di acara itu,” tegasnya.

Panel Barus menjelaskan sempat diadakan pertemuan di wilayah SCBD yang dihadiri sekitar 20 organisasi relawan Jokowi sebelum acara puncak Gerakan Nusantara Bersatu pada Sabtu 26 November 2022. Pertemuan dihadiri relawan Jokowi yang sudah mendukung sejak 2012 lalu.

“Kumpul di situ ada perwakilan Projo, ada perwakilan Seknas, ada perwakilan macam-macam, Pospera ada dua orang datang. Disampaikanlah maksud dan tujuan undangan itu,” ujar Panel.

Disampaikan dalam pertemuan itu, bahwa relawan ingin membuat acara di Gelora Bung Karno, dengan tema Nusantara Bersatu. Kemudian pihak yang diundang diberi kesempatan bicara, perwakilan Projo menyampaikan pandangannya dalam pertemuan itu.

“Yang bicara Sekjen Projo, Mas Handoko. Kami Projo itu secara prinsip mendukung apa yang direncanakan teman-teman di GBK itu. Cuma Projo sendiri sudah berfokus pada satu kegiatan yang kami kasih nama Musra,” ucap Panel.

Projo memiliki keterbatasan tenaga dan waktu karena Musra digelar di seluruh wilayah Indonesia. Relawan juga mempertanyakan tujuan dan urgensi acara Gerakan Indonesia Bersatu digelar di GBK.

“Dalam kegiatan itu ditanyakan, kegiatan (di GBK) ini targetnya apa, urgensinya apa, kenapa kami bertanya begitu. Karena tempat yang dipilih ini tempat yang keramat yaitu GBK yang dua kali jurus pamungkas di 2014 dan 2019,” sebut Panel.

“Pengundang waktu itu belum bisa menjelaskan itu. Nah ya buat kami, yang terlibat dalam satu peristiwa dalam kegiatan bersama-sama harus sepemahaman,” tegasnya.

Karena sejumlah alasan, akhirnya sejumlah relawan ‘veteran’ Jokowi pun tak datang ke acara Gerakan Indonesia Bersatu. Sementara lainnya hadir ke lokasi acara.

“Akhirnya Projo mengambil posisi tak ikutan dulu. Tetap mendukunglah. Pospera juga sama (tak datang),” imbuhnya.

 

 

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply