Gegara Lockdown, Xi Jinping Dikudeta?

Presiden China Xi Jinping/Foto: BBC World
banner 468x60

Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dari militer China Li Qiaoming sudah menggantikan Xi Jinping

JAKARTA, Presiden China Xi Jinping diisukan sedang dikudeta. Bahkan rumor itu menyebut jika dia kini sudah menjadi tahanan rumah.

Read More
banner 300x250

Rumor yang beredar di media sosial ini menyebut seorang Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dari militer China Li Qiaoming sudah menggantikan Xi Jinping.

Namun rumor ini masih tidak berdasar. Pihak pemerintah China belum memberikan keterangan resmi terkait isu tersebut.

Rumor ini beredar di tengah ekonomi China yang sedang kurang baik. Dikutip dari CNN pada kuartal II tahun ini ekonomi China tumbuh 0,4%.

Dari data Biro Statistik Nasional China angka ini lebih rendah dibandingkan periode kuartal sebelumnya yang bisa tumbuh 4,8%.

Melambatnya pertumbuhan ekonomi China disebabkan oleh kebijakan pemerintah yang menerapkan lockdown demi mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut. Tak cuma itu ada juga krisis di sektor properti yang membuat perekonomian makin tertekan.

Semester I 2022, ekonomi China tumbuh 2,5%. Hal ini membuat target 5,5% secara keseluruhan tahun 2022 akan sulit dicapai.

Lockdown yang dilakukan di berbagai wilayah ini membuat rantai pasok terganggu karena banyak masyarakat yang tak bisa beraktivitas normal. Pusat perbelanjaan dan pabrik tutup.

Kebijakan ini disebut mengganggu kepercayaan investor. Pasalnya pemerintah China dinilai tidak konsisten dalam menerapkan kebijakan sehingga operasional bisnis dan sentimen investor masih dibayangi ketidakpastian.

 

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply