Di Depan Relawan, Anies Unjuk Prestasi

banner 468x60

Pemerintah harus memastikan warganya tak jatuh miskin saat keluar dari rumah sakit

JAKARTA, Anies Baswedan memamerkan cakupan BPJS yang meningkat dalam kurun waktu 5 bulan setelah dirinya dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2017 silam. Anies menyebut awal dirinya jadi gubernur hanya 73% warga Ibu Kota yang memiliki BPJS, namun angkanya meningkat menjadi 99,9%.

Read More
banner 300x250

Hal itu disampaikan Anies saat menghadiri Rakernas dan Ikrar Kebulatan Tekad Relawan Go-Anies di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (23/10/2022). Anies menyebut mayoritas warga yang tak memiliki BPJS berasal dari kelompok bawah.

“BPJS itu di Jakarta Hanya 73%, Jadi 27% rakyat Jakarta ini tidak punya jaminan kesehatan dan 27% itu kelompok paling atas? Bukan. Siapa Mereka? Kelompok paling bawah,” kata Anies.

“Lalu apa yang kita kerjakan? Saya masuk tugas bulan Oktober 2017, langsung kita targetkan di APBD perubahan, dikeluarkan Rp 1,3 sampai Rp 1,4 triliun, sehingga kita menutup seluruh biaya BPJS untuk sisanya sehingga Jakarta dalam waktu 5 bulan menjadi 99,9% terjamin,” tambah dia.

Eks Mendikbud itu bahkan mengungkap, kala itu para lurah se-DKI Jakarta diwajibkan mencari warga yang belum terdaftar jaminan kesehatan. Menurutnya, pemerintah harus memastikan warganya tak jatuh miskin saat keluar dari rumah sakit.

“Semua warga yang datang kemanapun tidak terdaftar, otomatis langsung didaftar. Semua yang tidak punya, langsung diberi. Tidak ada lagi yang namanya rakyat, datang ke rumah sakit dan lebih miskin, mereka lulang dari rumah sakit harus lebih sehat bukan lebih miskin. Itu yang harus kita kerjakan,” jelasnya.

Anies juga memandang masyarakat tak perlu mengetahui bahwa peningkatan jumlah penerima BPJS berkat kerja Pemprov DKI. Yang penting, kata dia, upaya ini langsung berdampak bagi masyarakat.

“Ketika ada jaminan itu, belum tentu mereka tau bahwa itu dikerjakan oleh Pemerintah DKI Jakarta. Tapi kita sampaikan jangan khawatir kita kerjakan ini bukan untuk membuat mereka tahu itu adalah jasa kita, kita kerjakan ini karena perintah konstitusi dan pertanggungjawaban kita kepada Allah SWT,” tandasnya.

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply