14 Nama Capres 2024, 1 Nama Masih Rahasia

banner 468x60

Pemilihan Presiden 2024 memang masih lama. Namun Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA sudah mengeluarkan rilis 14 nama bakal calon presiden 2024. Satu nama lagi masih dirahasiakan.

Lembaga survei dan konsultan politik terkemuka di Indonesia LSI Denny JA boleh jadi adalah lembaga survei yang paling cepat dalam merespon perkembangan dunia politik di tanah air.

Termasuk pasca penetapan pasangan Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin oleh KPU, LSI Denny JA langsung merilis sejumlah nama yang bakal berkontestasi pada ajang Pilpres 2024 mendatang.

Ada 14 nama kuat yang digadang-gadang bisa menduduki kursi nomor satu RI pada Pilpres 2024 mendatang. Namun untuk memberi daya tarik kuat, LSI Denny JA sengaja mencatumkan satu orang lagi yang diberi nama Mr/Mrs X.

“Mr/Mrs X namanya belum masuk radar hari ini, tapi potensial menjadi presiden 2024. Kami berkaca pada kasus Jokowi 5 tahun sebelum 2014, nama Jokowi belum masuk. Siapa tahu ada the next Jokowi yang belum terlihat namanya. Ini akan kita telusuri selama 5 tahun ke depan, kita akan survei dan riset terkait nama-nama baru masuk di range capres 2024,” ujar Peneliti LSI Rully Akbar kepada media di gedung Graha Dua Rajawali LSI, Jalan Pemuda III, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (2/7/2019).

Sementara itu terhadap 14 nama calon kuat Presiden 2024, Rully sudah mengantongi nama-nama tersebut dan publik akan tahu siapa saja mereka.

“Kami memiliki dasar dalam menentukan nama-nama itu dengan empat katagori yang didapat dari background Presiden Indonesia sebelumnya.” tambahnya.

Dari keempat katagori itu, Rully memilahnya yaitu, pertama orang itu pernah menduduki jabatan pemerintahan pusat seperti BJ Habibie yang pernah menjabat sebagai wakil presiden, dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang sebelummya menjabat sebagai menteri di kabinet Megawati Soekarnoputri.

Kata Rully lagi, sumber rekruitmen kedua berasal dari kalangan ketua umum parpol.

Ketiga berasal dari kepala daerah, keempat berasal dari profesional, swasta, atau ormas seperti Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Selain empat kategori itu, Rully menyebut dasar pengambilan nama 14 orang ini berasal dari empat kriteria juga. Empat kriteria itu penilaian subjektif dari tim LSI.

“Kriteria capres 2024. Pertama, mereka orang-orang yang punya pengenalan atau popularitas di atas 25 persen. Jadi yang masih dikenal 5 persen agak sulit, kedua berada dari sumber rekrutmen presiden yang tadi kami sebutkan, ketiga memiliki potensi (penilaian subjektif tim LSI),” jelasnya.

Berikut ini 14 nama capres 2024 versi LSI Denny JA:

Capres jenjang pemerintah daerah (Gubernur, Kepala Daerah, Bupati):

  1. Ridwan Kamil (Jawa Barat)
  2. Anies Baswedan (DKI Jakarta)
  3. Ganjar Pranowo (Jawa Tengah)
  4. Khofifah Indar Prawansa (Jawa Timur)

Capres jenjang pimpinan partai politik:

  1. Prabowo Subianto
  2. Sandiaga Uno
  3. Airlangga Hartarto
  4. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
  5. Puan Maharani
  6. Muhaimin Iskandar

Capres 2024 jenjang jabatan pemerintahan:

  1. Sri Mulyani
  2. Budi Gunawan
  3. Tito Karnavian
  4. Gatot Nurmantyo
  5. Mr/Mrs X
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply