UNAS Raih Medali Perunggu Ajang Film Pendek di Malaysia

NEGERI SEMBILAN, Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Nasional (UNAS) berhasil bawa pulang medali perunggu (Pingat Gangsa) dalam cabang lomba Film Pendek pada ajang Digital Innovation Creativepreneur atau DICE 2.0.

Acara yang digelar sejak November 2023 hingga Agustus 2024 diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia dengan Universitas Sultan Zainal Abidin selaku kordinator acara.

Read More

Digital Innovation Creativepreneur atau DICE 2.0 menggelar 4 cabang lomba antara lain, Virtual Reality, Film Pendek, Animasi, dan Digital Games.

Produser Film Mahasiswa FISIP UNAS, Aura Fadhilah mengungkapkan rasa syukurnya dengan keterlibatannya pada kegiatan ini. Menurutnya, hal ini akan menjadi pengalaman baru bagi teman-teman UNAS.

“Kita semua happy, kegiatan ini buat kita dapat teman dan pengalaman baru, kita juga jadi tau banyak generasi kita yang minat pada produksi film, animasi, dan games digital” kata Aura usai menerima medali perunggu dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/8/2024).

Selain itu, sambung Aura, UNAS juga memperoleh juara sebagai booth dengan Informasi terlengkap.

Sementara itu, Dr Ismahafezi Ismail selaku panitia penyelenggara mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka mengenalkan Industri Teknologi Digital bagi mahasiswa di Malaysia, dan mahasiswa ASEAN pada umumnya.

“Our target pembangunan kandungan kreatif digital di peringkat Institusi Pendidikan Tinggi negara”, ungkap

Dikatakan Ismahafezi, ada sebanyak 250 mahasiswa dan 48 Universitas turut serta dalam kegiatan, dan mencapai lebih dari 50 karya projek kreatif. Terdiri dari pada animasi, film pendek, aplikasi augmented reality, aplikasi virtual reality dan aplikasi permainan mudah alih.

Wakil Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia YB Datuk TS. Mustapha Sakmud mengapresiasi kegiatan yang telah dua tahun diselenggarakan. Ia mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu usaha KPT dengan kerjasama UNISZA dalam mewujudkan platform kondusif kepada pelajar dalam bidang landskap kreatif, menaik taraf bakat, serta memperkasakan pembangunan produk dan inisiatif promosi hasil kreatif.

Ia berharap kegiatan ini dapat memperkuat kemampuan kreatif para mahasiswa Malaysia pada khususnya dan mahasiswa ASEAN pada umumnya dengan cara menggandeng industri.

“Program ini turut diperhebatkan dengan kerjasama bersama agensi dan rakan industri, antaranya Malaysia Digital Economy Corporation (MDeC), CRADLE Fund Sdn. Bhd., MYStartUP, KRU Entertainment, Warnakala Studio, MRANTI, Celcom, MZR Global, V3X Malaysia Sdn Bhd, Tolahah Creative dan masih banyak lagi” pungkas Wakil Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia ini dalam upacara penutupan DICE 2.0 pada 19 Agustus 2024 kemarin.

Untuk diketahui, peserta Ilmu Komunikasi FISIP UNAS terdiri dari Aura Fadhilah, Bela Marhanda Febiola, Zahra Aulia Ramadhani, Inayah Al Adawiyah, dan pembina produksi film Umar Fauzi Bahanan, M.Si, Dr. Irfan Fauzi, dan Nursatyo, M.Si.

Related posts

Leave a Reply