Duta Baca 2024: Misi Membangun Ekosistem Literasi Kota Tangerang

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang, Drs. H. Engkos Zarkasyi (Keempat dari kiri) bersama Juri Pemilihan Duta Baca 2024 Kota Tangerang saat di acara Pemilihan Duta Baca 2024 Kota Tangerang, Gedung Windu Karya (18/7/2024)/Ilham/Dnews

KOTA TANGERANG, Pagi belum beranjak menuju siang, M. Alif Akbar Mulya, seorang tenaga pengajar di salah satu sekolah tingkat menengah atas, terlihat sibuk dengan laptopnya. Lulusan Institut Stiami ini tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang Pemilihan Duta Baca Kota Tangerang 2024. Informasi tentang ajang ini ia temukan malam sebelumnya melalui akun Instagram resmi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang.

Dengan penuh antusias, Alif segera men-scan barcode pendaftaran yang tertera di unggahan tersebut. Alif menyelesaikan proses pendaftaran dengan teliti, melengkapi semua persyaratan yang diminta pada tanggal 14 Juli kemarin. Tiga hari kemudian, sebuah pesan WhatsApp dari panitia pemilihan Duta Baca masuk ke ponselnya. Pesan tersebut menyatakan bahwa Alif adalah salah satu peserta yang lulus seleksi administrasi dan diundang untuk menghadiri acara seleksi terbuka Pemilihan Duta Baca yang akan digelar hari ini.

Read More

Di Gedung Windu Karya, Kota Tangerang, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) menyelenggarakan pemilihan Duta Baca 2024 dengan Bertajuk “Peran Duta Baca dalam Mewujudkan Kota Tangerang yang Sejahtera, Berakhlakul Karimah, dan Berdaya Saing,” (18/7/2024).

25 peserta dari berbagai latar belakang berkumpul untuk memperebutkan 6 kursi finalis. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala DPAD Kota Tangerang, Drs. H. Engkos Zarkasyi A, M.Si, menekankan pentingnya peran Duta Baca dalam memajukan literasi dan meningkatkan minat baca masyarakat.

Kemudian para peserta diuji langsung dan terbuka dalam berbagai aspek, termasuk kecerdasan, jiwa kepemimpinan, dan visi misi mereka sebagai Duta Baca. Empat juri yang terdiri dari pustakawan dan penggiat literasi, meneliti dengan cermat setiap peserta.

Setelah seleksi ketat, terpilihlah 6 finalis terbaik yang akan melaju ke babak Grand Final. Para finalis ini akan memperebutkan gelar Duta Baca Kota Tangerang 2024 yang akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2024 oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang.

“Duta Baca merupakan bagian penting dari program literasi Kota Tangerang,” ujar Drs. H. Engkos Zarkasyi A, M.Si saat diwawancarai di sela-sela acara Seleksi Terbuka Pemilihan Duta Baca 2024 di Gedung Windu Karya, Jl Jend Ahmad Yani No 7 Kota Tangerang (18/7/2024).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang ini berharap acara dua tahunan ini dapat menjaring individu-individu berbakat yang memiliki komitmen kuat untuk memajukan budaya membaca di tengah masyarakat Kota Tangerang.

Engkos, sapaan akrabnya, menuturkan, Pemilihan Duta Baca Kota Tangerang 2024 diselenggarakan untuk menjaring generasi muda pilihan agar berkontribusi dalam mempromosikan gerakan literasi, khususnya meningkatkan minat baca di Kota Tangerang.

“Para Duta Baca terpilih nantinya akan berperan aktif dalam berbagai kegiatan literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang. Seperti event literasi baca, Perpustakaan Keliling, Perpustakaan Masyarakat, dan Perpustakaan Mini. Mereka akan menjadi ujung tombak dalam mempromosikan, mengajak dan memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan minat baca di Kota Tangerang,” ujar Engkos.

Ia menyakini bahwa kolaborasi antara Duta Baca, pemerintah, dan masyarakat menjadi kunci utama dalam mewujudkan ekosistem literasi yang kondusif di Kota Tangerang.

“Tunjukkan kemampuan dan kehebatan kalian untuk menjadi Duta Baca yang membawa perubahan positif bagi Kota Tangerang” pungkas Engkos memberikan semangat kepada para peserta Pemilihan Duta Baca 2024 Kota Tangerang.

 

Related posts

Leave a Reply