Ujicoba Jokowi Bermalam Di Rumah Dinas Menteri Di IKN

Foto: antara
banner 468x60

JAKARTA, Untuk pertama kalinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermalam di rumah jabatan menteri di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Jokowi merasa nyaman menginap di rumah dinas menteri hingga tidur sangat nyenyak.

Hal itu disampaikan Jokowi kepada wartawan di depan Istana Negara, IKN, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024). Jokowi mengaku sangat menikmati suasana di IKN yang sangat indah.

“Tadi malam saya nginepnya di rumah menteri, rumah dinas Menteri PUPR ya, sangat indah sekali kemarin waktu sunset matahari terbenam sangat indah sekali dan ya suasana itu yang saya sampaikan. Tidur nyenyak sekali,” kata Jokowi.

Jokowi memastikan pembangunan rumah menteri ini akan selesai pada pertengahan Juli. Ia menyebut pembangunan tahap I sudah mencapai 80%.

“Jadi pembangunan kira-kira pertengahan Juli yang di sini udah siap dan akan mulai untuk persiapan 17 Agustus,” ujarnya.

“80-an persen interior eksterior semuanya dalam proses semua. Insyaallah selesailah selesai,” lanjut Jokowi.

Kunjungan Jokowi ke IKN juga sekaligus meninjau persiapan upacara 17 Agustus. Jokowi mengatakan persiapan sudah final dan tak ada kendala.

“Yang kedua untuk persiapan 17-an sudah hampir final, nggak ada masalah di lapangan tadi kita cek satu persatu dari lokasi venue kemudian tata urutan upacara semuanya nggak ada masalah,” kata Jokowi.

Jokowi Yakin Kualitas Udara IKN Lebih Baik

Jokowi juga berbicara mengenai pembangunan bandara di IKN. Bandara tersebut akan mempermudah akses perjalanan menuju IKN.

“Nanti, di awalAgustus,Airport Nusantara selesai. Bapak-Ibu pengin mendarat di Nusantara Airport ke sini hanya kurang lebih 15 menit. Ini akan berubah semuanya. Kalau sekarang saya ke sini mungkin sudah lebih dari 10 kali, sudah, meskipun muter tapi juga masih,” kata Jokowi dalam acara groundbreaking Nusantara Sustainability.

“Menurut saya, masih kelihatan dekat. Tapi kalau Bapak-Ibu pertama kali ke sini atau dua kali ke sini, terasa jauh sekali, kok nggak sampaisampai. Sehingga yang saya ajak nanti awalAgustus atau pas 17 Agustus silakan datang ke sini,” lanjut Jokowi.

 

Jokowi lalu membandingkan kualitas udara di IKN dengan di Jakarta. Jokowi mengecek kualitas udara di Jakarta per pagi ini berada di angka 176.

“Saya ingin membandingkan dengan Jakarta. Pagi-pagi tadi, saya buka indeks kualitas udara di Jakarta, berapa, angkanya 176. Padahal standar kualitas udara yang baik itu berada di angka 0 sampai 50,” ujarnya.

Jokowi lalu menyebut Singapura hingga Paris, yang menurutnya kualitas udara berada di bawah 50. Jokowi menyebut kualitas udara di IKN saat ini berada di bawah 20,

“Di Singapura 44, di Melbourne 38, di Paris 38, terus berapa di Nusantara? Belum ada. Tapi saya meyakini, saya pastikan di bawah 30. Feeling saja, feeling. Tapi saya cek lagi di Penajam Paser Utara (PPU) 34, di Kotanya PPU. Di sini mestinya kurang lebih 20-an, mestinya, tolong Bu Nicke dicek kalau punya alatnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi kembali meyakini, investor yang hadir, kalau membeli investasi di IKN, berarti membeli masa depan. Jokowi mengatakan IKN akan menjadi pusat transformasi.

“Yang ketiga, karena di sini banyak hadir, saya lihat investor-investor besar, saya ingin menyampaikan bahwa investasi di IKN adalah membeli masa depan. Karena yang namanya transformasi ekonomi, ekonomi hijau, energi hijau, itulah yang akan kita kembangkan di sini. Jadi nggak tahu akan disetop kapan mobil-mobil combustion, nggak boleh masuk di Nusantara nanti. Yang memutuskan nanti Pak Kepala Otorita, sehingga yang ada hanya electric vehicle yang ada di IKN ini,” ujarnya.

Jokowi Berkantor di IKN Juli

Jokowi juga menyampaikan akan mulai berkantor di IKN pada Juli mendatang. Hal itu diungkap Jokowi dalam keterangan video yang diunggah di akun Instagramnya, Rabu (5/6/2024).

Jokowi meninjau pembangunan Istana Negara di IKN dan lapangan yang akan digunakan untuk upacara HUT RI 17 Agustus.

“Hari ini saya meninjau kesiapan lapangan upacara yang akan digunakan untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN),” tulis Jokowi.

Jokowi mengatakan persiapan upacara sudah hampir selesai. Begitu juga dengan pembangunan infrastruktur tahap pertama.

Jokowi lalu mengatakan akan mulai berkantor di IKN pada Juli.

“Persiapan sudah hampir selesai, begitu pula dengan progres pembangunan sejumlah infrastruktur tahap pertama di IKN yang sudah berjalan sekitar 80 persen. Insyaallah, bulan Juli mendatang pun saya akan mulai berkantor di IKN,” ucapnya.(det)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply