Sudaryono Wamen, Karpet Merah untuk Kaesang atau Ahmad Luthfi?

Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio (ANTARA/I.C. Senjaya)

JAKARTA, Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio menduga pengangkatan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian merupakan upaya mengamankan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol.Ahmad Luthfi atau Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dalam Pilgub Jawa Tengah.

“Gerak cepat Presiden Joko Widodo mengamankan jagoannya,” kata Hendri saat Workshop Peliputan Pilkada 2024 yang diselenggarakan Dewan Pers di Semarang, Jumat.

Read More

Menurut dia, Sudaryono memang orang dekat Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang sudah lama disiapkan dan menjadi calon kuat di Pilgub Jawa Tengah. “Jadi sekarang kemungkinan Pak Luthfi sendirian,” kata pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI tersebut.

Meski demikian, menurut jenderal bintang dua tersebut juga “deg-degan” kalau Kaesang batal di Jakarta dan maju di Jawa Tengah. Calon gubernur lain yang seharusnya juga maju, kata dia, yakni kandidat yang diusung oleh PDIP.

“PDIP harus mencalonkan dan bertempur di Jawa Tengah,” katanya. Pada pilkada kali ini, menurut dia, PDIP akan menghadapi dua rezim sekaligus. “Yang satu rezim yang dia besarkan, yang lain rezim yang baru tapi ingin besar,” katanya.

Sementara Wakil Ketua Dewan Pers Agung Darmajaya mengatakan pers bertanggungjawab dalam menyebarkan informasi sebelum, saat, dan sesudah pilkada. “Pers memberi gambaran dan informasi tentang bakal calon kepala daerah yang akan maju dalam pilkada,” katanya.

Kesuksesan Pemilu 2024 lalu, lanjut dia, bukan semata keberhasilan penyelenggara pemilu, namun juga pers yang berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Related posts

Leave a Reply