Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Cilacap: Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

JAKARTA, Hj Novita Wijayanti, SE, MM kembali menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (15/6/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memahami dan mengimplementasikan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam paparannya, Novita, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa Pancasila bukan hanya dasar negara, tetapi juga pandangan hidup bangsa Indonesia. Artinya, nilai-nilai Pancasila harus menjadi pedoman dalam berperilaku dan bertindak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Read More

“Pancasila sebagai pandangan hidup memberikan kita arah dan kekuatan untuk berperilaku luhur dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” jelas anggota DPR RI Fraksi Gerindra ini.

Lebih lanjut, dia menekankan pentingnya penghayatan dan pengalaman nilai-nilai luhur Pancasila agar terhindar dari berbagai penyimpangan, seperti intoleransi, ketidakadilan, dan perpecahan bangsa.

“Mematuhi Pancasila sebagai pandangan hidup dalam bertingkah laku di masyarakat Indonesia merupakan tantangan besar,” ujarnya.

Pancasila bukan hanya dasar negara, tetapi juga pandangan hidup bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila harus menjadi pedoman dalam berperilaku dan bertindak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pentingnya penghayatan dan pengalaman nilai-nilai luhur Pancasila untuk menghindari penyimpangan. Mematuhi Pancasila sebagai pandangan hidup dalam bertingkah laku di masyarakat Indonesia merupakan tantangan besar.

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. “Dengan memahami dan mengimplementasikan Pancasila, diharapkan dapat terwujud kehidupan yang damai, adil, dan sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkas Novita.

Related posts

Leave a Reply