Pegang Teguh Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

CILACAP, Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah diperkenalkan sedari masih duduk di bangku sekolah dasar. Karena ideologi bangsa sebagai pembentuk identitas bagi suatu bangsa.

Hal itu disampaikan Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Novita Wijayanti, di Rumah Aspirasi, Sidanegara, Cilacap Tengah, Jawa Tengah.

Read More

Dalam acara yang digelar pada 30 Januari 2024 itu, Novita menyebutkan bahwa ideologi mempunyai peranan penting bagi bangsa dan negara untuk mempertahankan eksistensinya.

“Karena ideologi digunakan sebagai cara berfikir atau paham, teori, tujuan yang mendasari berjalannya suatu negara,” ucapnya.

Pengamalan nilai luhur Pancasila di masyarakat sangat penting dilakukan. Terlebih, sambungnya, dalam waktu dekat Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi rakyat yaitu pemilu. Dimana masyarakat mempunyai hak untuk menentukan pimpinan bangsa dan wakil rakyat.

Novita yang mencalonkan kembali sebagai wakil rakyat mengatakan akan pentingnya menanamkan semangat persatuan, kebersamaan serta semangat menempatkan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan melalui pengamalan nilai-nilai Pancasila demi kesuksesan pemilu. Hal ini disampaikan pada acara sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang diselenggarakan pada

“Pancasila harus selalu menjadi dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam situasi apapun guna mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa. Seperti ketika mewabahnya Covid-19, semua masyarakat menerapkan semangat ideologi bangsa. Sehingga tercipta suasana saling tolong-menolong,” paparnya.

Dikatakan Novita, kehidupan berbangsa dan bernegara harus selalu menjadikan Pancasila sebagai dasar bersikap. Dalam praktik penerapan Pancasila, terutama dalam konteks sikap moral dan perilaku seluruh warga Indonesia, Pancasila seharusnya dijabarkan dengan jelas sesuai dengan aspek-aspek yang relevan dalam pelaksanaannya.

“Salah satu tujuan utamanya adalah membentuk karakter yang positif pada generasi muda,” ucapnya.

Oleh karenanya, Novita berharap masyarakat memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk terus menghormati Pancasila sebagai cita-cita utama bangsa.

“Sebab hal ini akan membantu dalam mempertahankan kekokohan dan keutuhan NKRI,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply